Thailand dan Cerita Tentangnya – (2)

IMG_0354

Sebuah spanduk yang bertuliskan “Let’s speak English and Chinese” terlihat dipasang di salah satu sekolah di Thailand.

Terlepas dari cerita perjalanan saya ke beberapa tempat di Thailand. Saya memiliki sedikit cerita yang sudah saya janjikan di awal tulisan ini, tentang negara Thailand tentunya. Yaitu tentang anak-anak muda yang mengenakan baju putih serta bawahan hitam ketika pagi hingga sore bahkan malam. Pada awalnya, saya mengira mereka semua adalah pekerja kantoran yang sibuk sekali, akan tetapi setelah mendengar beberapa cerita, lagi-lagi saya kaget karena ternyata mereka yang memakai pakaian tersebut adalah para pelajar dan mahasiswa. Jika hanya pelajar mungkin itu adalah hal umum memakai seragam seperti itu, anehnya Thailand juga mewajibkan para mahasiswa dan mahasiswi berseragam hitam putih itu. Alasan utamanya adalah agar tidak membedakan derajat seorang mahasiswa dengan yang lainnya, jadi seluruh mahasiswa memiliki kedudukan yang sama dan tak membedakan antara seorang mahasiswa yang berasal dari keluarga mampu dan tidak mampu. Selain itu pastinya dengan adanya seragam yang sama maka lingkungan pendidikan akan terlihat lebih rapi. Ide bagus!

Masih berhubungan dengan pendidikan, Thailand juga mulai mewajibkan setiap sekolah yang ada di negara tersebut untuk menjadikan bahasa mandarin atau China sebagai pelajaran wajib di sekolah, tentunya bersama bahasa Inggris. Namun mewajibkan pelajaran bahasa mandarin di sekolah terbilang cukup aneh, dalam hal ini Thailand dan masyarakatnya memiliki alasan cukup kuat. Mereka meyakini bahwa penguasa ekonomi di dunia beberapa tahun ke depan bukan lagi berasal dari benua eropa melainkan dari benua Asia, yang tak lain itu adalah China. Maka dengan mempelajari bahasa mandarin, peluang bisnis dan serta hubungan masayarakat Thailand dengan salah satu penguasa ekonomi di dunia beberapa tahun ke depan akan semakin terbuka dan kuat. Juga ide bagus!

IMG_0419

Foto Raja Thailand di MBK, pusat perbelanjaan yang ada di Thailand.

Sementara itu, salah satu bangunan terkenal di Thailand yang lupa saya sebutkan adalah Grand Palace. Saya beruntung dapat melewati bangunan itu dari kejauhan walaupun tidak sempat untuk singgah. Grand Palace adalah sebutan untuk tempat tinggal Raja di Thailand. Seperti yang juga telah saya janjikan, saya akan membahas sedikit bagaimana sosok Raja Thailand saat ini. Raja Thailand saat ini bernama Bhumibol Adulyadej, merupakan sosok yang sangat dicintai oleh masyarakat Thailand. Jika dicintai tentu ada alasannya, mengapa? Karena ternyata sosok Raja Thailand saat ini merupakan sosok yang sangat sederhana, walaupun diberikan tempat tinggal semewah dan semegah Grand Palace, dia jarang berada disana, dia lebih sering di tempat tinggal yang sederhana, tempat di mana dia dapat bercocok tanam dan meningkatkan pertanian di Thailand. Seperti yand diketahui bahwa salah satu pendapatan terbesar negara itu adalah dari bidang pertanian. Hasil pertanian Thailand yang terkenal adalah nasi/beras Jasmine atau Jasmine Rice, jika kita pernah mendapati nasi ini maka kita akan tahu bahwa nasi ini sangatlah harum aromanya. Untuk itu, karena kesederhanaan dan keahliannya di bidang pertanian, Raja Thailand saat ini sangat dicintai oleh warganya. Luar biasa!

Negara Gajah Putih atau Thailand merupakan salah satu negara yang sangat banyak dikunjungi turis dan wisatawan dari berbagai negara setiap tahunnya. Menurut perkiraan pemerintah Thailand, terdapat 28 juta wisatawan/turis yang berkunjung ke Thailand tahun lalu dan diperkiraan di tahun ini akan mencapai 30 juta wisatawan. Di samping itu, Thailand merupakan salah satu negara yang tidak pernah dijajah oleh negara lain sehingga budaya yang berkembang di Thailand sangatlah terjaga keasliannya. Bahasa yang mereka gunakan adalah bahasa Thai, begitu juga tulisannya yang merupakan tulisan Thai. Sekilas tulisan Thai ini hampir mirip dengan tulisan jawa kuno. Di balik nama ibu kotanya yang bernama Bangkok, ternyata Thailand pernah berganti ibu kota sebanyak 4 kali sebelum akhirnya memiliki ibu kota Bangkok seperti saat ini. Melihat banyaknya budaya yang dapat disaksikan di Thailand serta banyaknya tempat-tempat wisata unik nan khas yang dimiliki negara ini maka tidak salah jika Thailand merupakan salah satu tujuan para traveler dan backpacker. Sawadikap! Begitulah sapaan selamat datang ala Thailand. Jadi, sekali lagi. Sawadikap di Thailand!

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s